Sabtu, 18 Februari 2012

Salah Kaprah! DERMOVATE CREAM Bukanlah Krim Pemutih Kulit

Sengaja saya posting artikel ini atau lebih tepatnya saya copas dari artikel http://lasem2.multiply.com terkait dengan produk cream yang di Indonesia lebih dikenal sebagai cream “pemutih kulit” yakni Dermovate Cream. Saya berharap hal ini menjadi kontribusi berharga bagi anda semua terkhusus para pengguna atau calon pengguna obat cream tersebut.
Berawal BBM yang datang dari salahsatu costumer  saya menanyakan tentang obat  Dermovate Cream yang katanya bisa untuk memutihkan kulit serta harganya yang murah meriah, karena saya belum pernah mendengar dan ditambah rasa penasaran saya, lalu saya mencoba searching di google untuk mencari tahu tentangnya. Dan hasilnya??? cukup mengejutkan…! silakan disimak saja.


Hati-hati! Dermovate Cream Bukanlah krim Pemutih Kulit
Tiga tahun yang lalu saya direkomendasi seorang rekan (bukan dokter atau pekerja medis) untuk memakai obat salep buat kulit bermerk Dermovate Cream buatan GlaxoSmithKline perusahaan farmasi dari Inggris. Obat tersebut memang nggak beredar di Indonesia, saya beli ketika berada di Arab Saudi, harganya cukup murah SAR10 atau sekitar Rp24,000.
Saran teman itu datang setelah saya ceritakan keluhan saya. Beberapa tahun belakangan setelah makan makanan laut terutama udang dan kerang, badan saya sering mengalami gatal-gatal. Dikemudian hari kondisi alergi  juga  muncul saat makan ayam potong broiler. Begitu beli obat ini, tanpa membaca kandungan dan petunjuk pemakaian langsung saja saya pakai obat tersebut, walaupun tidak menyembuhkan alergi makanan seafood itu sendiri namun salep ini mujarab menyembuhkan iritasi luar pada kulit yang disebabkan  alergi tersebut.
Tidak lama ini, istri saya memesan Dermovate Cream tersebut tatkala saya berada di Jeddah. Dia bercerita, banyak yang memakai salep itu untuk memutihkan kulit! Saya lihat di lapak-lapak onlinepun banyak juga yang menjual obat ini sebagai pemutih kulit. Saya bingung juga, karena nggak pernah membaca kertas petunjuk pemakaian yang disertakan didalam kemasannya. Asal pakai saja kalau lagi ada gangguan dikulit dan gatalpun berkurang.

Untuk memastikan untuk apa sih Dermovate Cream sebenarnya? saya browsing internet, ternyata Dermovate Cream bukanlah krim untuk pemutih kulit, kandungan Clobetasol propionate yang terdapat didalamnya adalah kortikosteroid yang digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kulit termasuk eksim dan psoriasis  (sumber Wikipedia).
Diantara efek samping penggunaannya adalah penipisan kulit dan perubahan pigmentasi pada kulit. Inilah “manfaat” yang dikatakan bisa memutihkan kulit, ternyata adalah efek samping dari penggunaan salep pengurang peradangan pada kulit tersebut. Apalagi dari namanya yang ada kata-kata “Cream” bisa dipakai sebagai propaganda dagang. Selain itu masih banyak efek sampingnya yang bisa dibaca pada tautan dibawah yang saya sertakan.
Disinilah kelemahan masyarakat termasuk saya, selalu cepat terpengaruh dan percaya kepada orang/sumber lain tanpa melakukan crosscheck terlebih dahulu. Andai saja Dermovate cream yang saya asumsikan salep penghilang gatal ternyata adalah krim pemutih kulit apa jadinya alergi saya?

102 komentar:

  1. Yang buat pemutih memang ada, cuman bukan dermovate cream tetapi dermovate oitment dari warna kemasan saja beda...

    http://popyaly.blogspot.com/2013/09/dermovate-cream-dan-dermovate-ointment.html

    semoga membantu,biar gak salah kaprah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cream maupun ointment sama2 mengandung corticosteroids yg berbahaya jika digunakan dalam waktu yg lama.. dan harus dengan resep dokter
      http://m.netdoctor.co.uk/skin-and-hair/medicines/dermovate-cream-and-ointment.html

      Hapus
    2. Maaf setau saya ointment atau crean itu hanya berbeda bentuk sediaannya. Untuk kandungannya sama jadi itu juga bukan untuk pemutih ya

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sy jg memakai cream tersebut, sdh 2 thn lebih sy memakainya hasil'y cukup bagus di wajah,,,2 thn yg lalu sy beli di Mekkah 1 pak isi 10 hanya 90,5 real skrng sdh 15 real 1, dulu sy pake tiap hari tp skrng sy pake 2x seminggu (wajah sy skrng gak merah or gatal2 lg, bintik2 jg hilang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaykum

      Mba bisa minta no SMS/WA atau Pin BB aku mau tanya2 seputar cream ini. Jazakillahu khoir

      Hapus
    2. mbk cheyzel boleh minta pin bbnya.. sy berulang kali beli dermovate, yg pertama dan kedua emg bawa efek cz isi salepny warna putih dan bau obat. eeh tiba giliran orderan selanjutny sya dpt yg isi salepny warna kekuningan dan bau balsem. skrg kulit sy jdi gelap lg. boleh minta sarannya mbk :) tq before

      Hapus
    3. aku boleh titip ga bu? soalnya saya cari2 ditoko2 orang arab ga ada yg jual-_-

      Hapus
    4. Di aplikasi shopee bnyk yg jual kow mbak. To yg orri harga'a rata" di atas 50rb. Jd jngan tergiur sma harga yg di bawah 29rb ya mbak.

      Hapus
    5. Mb.. Emang gk ada efk smpingx tah klo pke cream ini dlm jangka wktu yg lama?

      Hapus
    6. Bisa wa saya kak yg mau beli dermovate:085232048234, harga 55rb dijamin ori

      Hapus
    7. berarti bisa buat cream wajah ya? sebaik nya di pakai siang apa malam?

      Hapus
    8. Beli dimana ya, bisa ilangin bekas luka bakar gk ya,

      Hapus
  4. Mba boleh minta pin atau no hp nya.. aku mau tnya2 seputaran cream nya..

    BalasHapus
  5. Bukan pemutih,,, jgn salah gunakan,,, pakai aja kulit akan trus menipis ,,,sampai digigit nyamuk dikit aja ga bisa mengerikan,,, banyak teman yg pake ,,, kalo mau pake juga jgn lama lama misal pengen buang flek ya udah kalo sudah hilang berhenti,, jgn dilanjutkan bahaya malah

    BalasHapus
  6. Kalo bekas luka bisaa yaa ??pakai yang warna ap ?? Hijau atau coklat ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jwb yah.hijau mba.siapa tau ada yg minat cream dermovet hijau dan coklat.kebetulan sy di Mesir sering krm brng ke jkrt.nama FB sy Ummu Maher.wa.+201100042437

      Hapus
    2. Kok muter muter INTINYA, bagi yang Memahami Knowledge ttg Pemutih Wajah SEBAIKNYA APA PRODUCTNYA1?? DIMANA BELINYA? HARGANYA BERAPA? Jadi gak usah mutar muter PUSING KAN?

      Hapus
  7. Sekedar share manfaat dan kegunaan, cara pakai, serta efek samping dari dermovate
    barang ini bukan sekedar cream biasa. Harus dengan resep dokter dan bisa membahayakan fungsi hormon tubuh untuk pemakaian yg sembarang.. :)
    http://m.netdoctor.co.uk/skin-and-hair/medicines/dermovate-cream-and-ointment.html

    BalasHapus
  8. efek samping steroid yang paling berbahaya bukan kulit tipis dll. tapi ginjal rusak (jangka waktu lama), imun tubuh terkompromi (bisa lupus) dan lain2! sungguh bahaya steroid dipakai dalam jangka waktu lama!

    BalasHapus
  9. Suami saya pernah pakai dermovate cream (yg hijau) itu di rekomendasiin dr petugas kasir kimi*farm* di sekitaran jl. Malioboro..
    krna wktu itu kaki dan tangan nya gatal2 dan ada bekasnya hitam2 banyak.. krna kami beli di tempat terpercaya.. maka dicobalah dan alhamdulillah hilang gatal dan bekasnya.. tp sepertinya jgn coba utk wajah deh.. ckup kaki atau tangan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemakaian berapa lama mba, sampai bekas luka bisa memudar. karna saya baru coba pakai untuk menghilangkan bekas luka juga

      Hapus
  10. Itu sudah jelas bahan kimia..apalagi kortikosteroid berbahaya jika dipakai jangka panjang...buat apa wajah putih, tp organ dalam rusak..buat apa harga murah, tp akhirnya cuci darah.

    BalasHapus
  11. alhamdulillah, saya dan istri mekakai terlebih dahulu, saya untuk hitam di selagkangan, istri untuk bintik hitam diwajah. alhamdulillah kelar dengan baik. lalu jamaah saya juga memesan dan memakai,,dan ada ibu2 yang diwajahnya banyak bintik2 hitam, alhamdulillah sekarang sudah hilang. namun memang ketika masalah sudah selesai, maka kita tidak perlum lagi memakainya. ketika di saudi pun penduduk sana banyak memakai produk ini,
    bagi yang membutuhkan dapat memesan ke saya 082168068252.. wa.
    ada cerita baik juga, ada jamah yg alergi betol makanan serta ada yang kulit kasar memerah, psoriasis, alhamdulillah aman.,... karena dijual di KSA, di Makkah khususnya, maka kami yakin produk tsb halal. smoga bermanfaat.trims/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum
      Bapak pake yg cream apa yg ointment pa?
      Soalnya aku juga banyak bintik bintik hitam di wajahku
      Terima kasih

      Hapus
  12. Bagusnya pake yang Hijau apa yang coklat yah?

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. @pudji rahayu kalo mau dedicated invite ya ka 549f9eeb

      Hapus
    2. @pudji rahayu kalo mau dedicated invite ya ka 549f9eeb

      Hapus
    3. @Nur Mohi : Aku pke yg coklat 4 bln lgsg ilang. Skrg di apotek bnyk yg jual kok wlaupun kdg beberapa apotek hrus pke resep dokter. Tapi kalau ada yg jual kyak mas @ Hery Lasta lebih enak tuh tanpa resep / mngkin lebih murah hehehe

      Hapus
  14. maaf mau ikutan sepengetahuan saya aja..skrg saya lg pegang cream nya disini tulisannya DERMOPEX SKIN COSMECEUTICAL LIGHTENING CREAM SKIN REJUVENATION CREAM dan dari penjelasan di atas kata nya dermopex yg dibeli di arab saudi terdapat kandungan clobetasol propionate kortikostreoid dan yg saya baca dari kandungan dikemasan nya tidak ada kandungan clobetasol propionate kortikostreoid dari merk saja sdh berbeda dan ini jg sudah banyak yg pakai pada cocok saya liat sendiri banyak yg beli dan wajah nya bagus" saja saya juga lagi mau coba mau beralih dari cream wajah saya sebelumnya

    BalasHapus
  15. maaf mau ikutan sepengetahuan saya aja..skrg saya lg pegang cream nya disini tulisannya DERMOPEX SKIN COSMECEUTICAL LIGHTENING CREAM SKIN REJUVENATION CREAM dan dari penjelasan di atas kata nya dermopex yg dibeli di arab saudi terdapat kandungan clobetasol propionate kortikostreoid dan yg saya baca dari kandungan dikemasan nya tidak ada kandungan clobetasol propionate kortikostreoid dari merk saja sdh berbeda dan ini jg sudah banyak yg pakai pada cocok saya liat sendiri banyak yg beli dan wajah nya bagus" saja saya juga lagi mau coba mau beralih dari cream wajah saya sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo boleh tau brp harganya? Pesen dmn? Kemasannya warna kuning kan?

      Hapus
    2. Sama sy ada mba.perdos 50 ribu pengiriman langsung dari arab.boleh wa sy.+201100042437

      Hapus
    3. Boleh tau cara pemakaiannya klo utk menghilang kan flek.hitam d. Wajah gmn?

      Hapus
  16. Sy jualan dermover hijau coklat sm sj beli 100 pcs sy ksih harga@30.000 minat hub sy di line mamble.com

    BalasHapus
  17. Silahkan ibu& bapak.. posisi saya di cairo. Merk ini asli d produksi dari mesir.
    Yang mau pesan silahkan ya
    Fb: WaGe Egyptianstyle
    Ig: wageegyptianstyle

    BalasHapus
  18. Silahkan ibu& bapak.. posisi saya di cairo. Merk ini asli d produksi dari mesir.
    Yang mau pesan silahkan ya
    Fb: WaGe Egyptianstyle
    Ig: wageegyptianstyle

    BalasHapus
  19. Silahkan ibu& bapak.. posisi saya di cairo. Merk ini asli d produksi dari mesir.
    Yang mau pesan silahkan ya
    Fb: WaGe Egyptianstyle
    Ig: wageegyptianstyle

    BalasHapus
  20. Silahkan ibu& bapak.. posisi saya di cairo. Merk ini asli d produksi dari mesir.
    Yang mau pesan silahkan ya
    Fb: WaGe Egyptianstyle
    Ig: wageegyptianstyle

    BalasHapus
  21. Cari dermovate termurah WA 082113926090

    BalasHapus
  22. Dari pd bingung milih yg mn beli sj prodak 100% herbal .. obat herbal antigul, khasiat buat diabetes dari yg ringan sampai yg parah, khasiatnya ga diragukan lg, buatan ortu sdr (jd kalo pesan dijamin aman sampai tujuan) harga eceran Rp60.000/botol isi 60 kapsul..minat hub 087852493331

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Sya pernah pakai sekitar 6 bulan buat tangan dan kaki, alhasil kulit jd putih tp bner bikin tipis ,, digigit nyamuk ngga sembuh" jadi memerah,, kulit sy juga ada korban ungu di kaki, stelah sy priksa ke dokter it disebabkan kulitnya terlalu tipis, jd sya brhnti pemakaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya ka, setelah berhenti pakai dermovate, kulit yang jadi putih tadi kembali menghitam(kembali ke warna kulit semula sebelum memakai dermovate)

      Hapus
    2. Mau tanya ka, setelah berhenti pakai dermovate, kulit yang jadi putih tadi kembali menghitam(kembali ke warna kulit semula sebelum memakai dermovate)

      Hapus
  25. Sya pernah pakai sekitar 6 bulan buat tangan dan kaki, alhasil kulit jd putih tp bner bikin tipis ,, digigit nyamuk ngga sembuh" jadi memerah,, kulit sy juga ada korban ungu di kaki, stelah sy priksa ke dokter it disebabkan kulitnya terlalu tipis, jd sya brhnti pemakaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya ka, setelah berhenti pakai dermovate, kulit yang jadi putih tadi kembali menghitam(kembali ke warna kulit semula sebelum memakai dermovate)

      Hapus
  26. Pls do not use this product without consulting your doctor. My dermatologist used dermovate cream to treat some part of my Stevens-Johnson syndrome.

    BalasHapus
  27. 7 bulan yg lalu aku kena alergi, gatal2 sampai memerah di tangan dan kaki. Awalnya aku cuma minum obat anti alergi yang biasa ak minum. Gatalnya hilang tapi masih merah2 kulitnya. Trus ak periksa dan dikasih obat sama salep dengan kandungan dexamethasone. Skitar 10 hari kmudian aku merasa risih karwna bekas garukannya bnyak & hitam. Aku periksa lagi & dokter kasih aku resep dermovate oitment. Aku gak tau apa2 soal dermovate. Kta dokter 3 minggu bekas garukan bisa hilang & harus segera berhenti. Tp 3 minggu gak ilang2 dan ak nekat pkai smpai mnggu ke 7 baru mulai hilang. Stlh 4 bulan baru deh lukanya bner2 pudar. Ampuh bgt trnyata.

    BalasHapus
  28. 7 bulan yg lalu aku kena alergi, gatal2 sampai memerah di tangan dan kaki. Awalnya aku cuma minum obat anti alergi yang biasa ak minum. Gatalnya hilang tapi masih merah2 kulitnya. Trus ak periksa dan dikasih obat sama salep dengan kandungan dexamethasone. Skitar 10 hari kmudian aku merasa risih karwna bekas garukannya bnyak & hitam. Aku periksa lagi & dokter kasih aku resep dermovate oitment. Aku gak tau apa2 soal dermovate. Kta dokter 3 minggu bekas garukan bisa hilang & harus segera berhenti. Tp 3 minggu gak ilang2 dan ak nekat pkai smpai mnggu ke 7 baru mulai hilang. Stlh 4 bulan baru deh lukanya bner2 pudar. Ampuh bgt trnyata.

    BalasHapus
  29. Dermovete kalo yg asli itu memang bagus ,,apalagi yg dr saudi,karna saudi ketat kalo urusan kesehatan
    Makanya hatganya jg lebih mahal kalo dr saudi

    Sekarang udah banyak beredar dr berbagai negara termasuk indonesia.
    Nah,itu yg harus diperhatikan keaslian dan keamanannya
    Kalo orang yg baru tau soal dermovete pasti akan bingung
    Karna dr setiap negara itu beda"
    Saya pernah punya pengalaman dt keluarga sendiri yg memakai dermovete dr saudi
    Wajahnya ada flek hitam pasca suntik KB tp hamdulillah setelah penggunaan dermovete saudi ngga sampai habis fleknya sudah hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau dermovate hijau atau coklat untuk flek

      Hapus
  30. Dermovete kalo yg asli itu memang bagus ,,apalagi yg dr saudi,karna saudi ketat kalo urusan kesehatan
    Makanya hatganya jg lebih mahal kalo dr saudi

    Sekarang udah banyak beredar dr berbagai negara termasuk indonesia.
    Nah,itu yg harus diperhatikan keaslian dan keamanannya
    Kalo orang yg baru tau soal dermovete pasti akan bingung
    Karna dr setiap negara itu beda"
    Saya pernah punya pengalaman dt keluarga sendiri yg memakai dermovete dr saudi
    Wajahnya ada flek hitam pasca suntik KB tp hamdulillah setelah penggunaan dermovete saudi ngga sampai habis fleknya sudah hilang

    BalasHapus
  31. Jual drmovate ORI. Wa 082230116052

    BalasHapus
  32. Bibir ama pipi kena luka bekas gigitan tomcat. Pake yg ijo 3minggu lsg ilang. Ampuh bgt.

    BalasHapus
  33. Bibir ama pipi kena luka bekas gigitan tomcat. Pake yg ijo 3minggu lsg ilang. Ampuh bgt.

    BalasHapus
  34. Dermovet itu bukan kosmetik,dermovet itu obat steroid potensi sangat kuat,biasa untuk Psoriasis.
    Sehingga efek samping nya jg besar.
    Salah satunya,mempengaruhi hormon,penipisan kulit,striae, tidak dapat digunakan tiap hari dan jangka panjang. HATI-HATI !!!!

    BalasHapus
  35. Dermovet itu bukan kosmetik,dermovet itu obat steroid potensi sangat kuat,biasa untuk Psoriasis.
    Sehingga efek samping nya jg besar.
    Salah satunya,mempengaruhi hormon,penipisan kulit,striae, tidak dapat digunakan tiap hari dan jangka panjang. HATI-HATI !!!!

    BalasHapus
  36. Maaf mau tanya, kalau beli yang asli dimana ya?? Ibu saya gatal gatal dan itu parah, udah disaranin+dikasih pake dermovate hmpir sembuh tpi obat udh abis harus beli di luar negri kalau yang diindonesia asli dimana ya Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  37. Jual dermovate ori saudi.. Bukan mesir pakistan atau indonesia.. 100% orginal, saya juga jual lotion pemutih yg aman dan crem wajah herbal. Kontak me pin bb D2CC65DD wa 082232684718

    BalasHapus
  38. Jual dermovate ori saudi.. Bukan mesir pakistan atau indonesia.. 100% orginal, saya juga jual lotion pemutih yg aman dan crem wajah herbal. Kontak me pin bb D2CC65DD wa 082232684718

    BalasHapus
  39. Dermovate di jual di apotik guardian

    BalasHapus
  40. Ada penderita eksim atau psoriasis yg pake produk ini g?ampuhkah?trs pas diaplikasikan di area yg terkena eksim atau psoriasis,perih g?tq

    BalasHapus
  41. Ada penderita eksim atau psoriasis yg pake produk ini g?ampuhkah?trs pas diaplikasikan di area yg terkena eksim atau psoriasis,perih g?tq

    BalasHapus
  42. Kalau boleh tahu untuk membedakan dermovate yang asli saudi dengan yang lainnya bagaimana ya?

    BalasHapus
  43. wa 082255475555 ada dermovate asli arab saudi , ga asli balikin uang
    tolong wa saja

    BalasHapus
  44. Saya baca komennya kok ada yg jual 30.000 ya murah banget, saya beli 100rb

    BalasHapus
  45. Aku pake sekali langsung ada perubahanya, aduh jadi pelajaran deh taunya itu obat bukan cream yang mau liat perubahannya bisa langsung chat aku di line

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak pakai yang warna apa?
      beli nya di mana mba?

      Hapus
    2. Bnr bngt mba herni aku jg baru pkai 1x udh kliatan hasilny aku cuma pke ny di bagian bekas jerawat yg mghitam stelah didiamkn beberapa jam efekny bnr bnr putih

      Hapus
    3. mbak saya juga pake darmavotec untuk jerwat udh pake 2bulan dan hasilnya memuaskan jerawat udh mengering trus muka jadi cerah apakah saya harus lanjut atau tidak solnya bahanya mengandung kimia ?saya mau tanya2 saya punya fb enal al fatih trimksih

      Hapus
  46. sebenar nya harga dermovate cream hijau ini brp yaa?
    saya beli di apotik yang ukuran 10 gram itu harga nya Rp.86.000 tapi saya lihat di internet ukuran 25 gram di jual dengan harga yang bervariasi mulai Rp.100.000 bahkan ada yg jual Rp.30.000

    mohon jawaban nya dari mbak / mas yang mungkin tau ttg harga nya.

    BalasHapus
  47. Saya baru saja beli (nitip tetangga yg umroh) harga dermovate hijau 25gram 5pcs 110 real, atau hampir 400ribu dalam rupiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal banget bu pdhl kl duit Saudi sini cuma 50 riyal ko,, toh harganya gak nyampe 10 riyal 😬😬😬

      Hapus

  48. "Hi! .. Salam kenal semuanya, nama saya Anggi dari Bali. Selama saya berkunjung di website ini,saya menemukan banyak artikel yang bermanfaat, yang memang saya cari sebelumnya. Terima kasih admin, dan semuanya."

    Pembersih Wajah Collagen Collaskin Facial Cleanser Nasa

    BalasHapus
  49. Balasan
    1. Kl belinya di Arab Saudi jelas halal neng

      Hapus
  50. Assalamu'alaikum...subhaanalloh...atas kuasa ALLOH SWT lewat salep dermovate warna hijau 25 gram.....saya kena sakit psoriosis..selama 9 bulan..berobat kesana kemari. Dokter.alternatif...belum sembuh...sungguh atas rahmad ALLOH SWT...saya memakai salep tersebut habis 7 biji dermovate. .alhamdulillah penyakit psoriosis saya sembuh....

    BalasHapus
  51. Itu memang untuk pemutih kulit

    BalasHapus
  52. Amelia putri kalo kristal x itu kan obat kelamin. Apa hubungannya??

    BalasHapus
  53. Mau tanya di sini ada ga yang pakai dermovate kulitnya jadi putih, terus kalau berhenti memakai dermovate, kulit kembali ke warna semula atau tetap putih
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pakai mbag yg warna hijau. Bru habis satu kulit ku lumayan perubahan. Aku campur dengan handbody. Ini mau beli untuk kedua klix

      Hapus
  54. Bgm kalo utk menghilangkan melasma bandel di pipi, apa bisa cepat jg ya

    BalasHapus
  55. Alkhamdulilah aku beli dermovete yg warna hijau ampuh buat ngilangin bkas jerawat

    BalasHapus
  56. Aku juga pake buat bdn dan menghilangkan bdn crnya bashin dulu area tngn jngn trlalu bash trs pake dermovate sedkt aja di olesin keslrh tngn kaki

    BalasHapus
  57. Stop gunakan itu untuk pemutih krna banyk korban yg berjatuhan ,ak timbul streckmark marah di paha .

    BalasHapus
  58. Stop gunakan itu untuk pemutih krna banyk korban yg berjatuhan ,ak timbul streckmark marah di paha .

    BalasHapus
  59. Aku baru beli. Mau di gunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat d.wajah. aman gk sih klo d.pake d.wajah ?

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum kakak/emba semua,perkenalkan saya intan dari jawa tengah.mau nanya nih soal dermovate creem.apa bener berbahaya..? Ko jadi takut ya.trus klo mau bedain dari arab atau engga ciri cirinya apa..?

    Mohon penjelasannya yang lebih faham

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum kakak/emba semua,perkenalkan saya intan dari jawa tengah.mau nanya nih soal dermovate creem.apa bener berbahaya..? Ko jadi takut ya.trus klo mau bedain dari arab atau engga ciri cirinya apa..?

    Mohon penjelasannya yang lebih faham

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum kakak/emba semua,perkenalkan saya intan dari jawa tengah.mau nanya nih soal dermovate creem.apa bener berbahaya..? Ko jadi takut ya.trus klo mau bedain dari arab atau engga ciri cirinya apa..?

    Mohon penjelasannya yang lebih faham

    BalasHapus
  63. Assalamu'alaikum. Mau tanya, utk menghilangkan flek hitam / melasma di wajah amankah?

    BalasHapus
  64. Saya pakai cream itu ke area ketiak, saya pakai tiap hari dong, dan ternyata emang putih ketiak saya jdi bersih. So tapiiii,,, sekitar bbrpa bulan setelahnya malah nimbul kek stretch marks. Sedih dong:( ini gak cocok di saya atau bagaimana?

    BalasHapus
  65. Saya sudah habis 2 cream ini alhamdulilah fkek di mukaku yg bandel ini hilang dan glowing apa bener cream Dermovate ini berbahaya jika di gunakan di muka

    BalasHapus
  66. Saya jg bingung mba katanya gak bgus buat muka tp ada yg bilang bgs buat muka bs ngilangin flek membandel

    BalasHapus
  67. Setau saya kandungan steroid emng sangat berbahaya untuk kulit , bodohnya saya barusan saja order dan sudah transfer , jadi takut sendiri baca artikel ini sangat bermanfaat juga , awalnya saya malah mau menghilangkan strecmath saya yg bnyk di paha dan tangan , di sarankan temen untuk pake dermovet ini untuk memudarkan katanya sih gitu , tapi aku baca kandungan yg tertulis kyknya bakal parah gk tmbh sembuh , jadi ragu mau pakek pdhl sudah beli 😭

    BalasHapus
  68. Apa dermovate boleh dikonsumsi untuk jangka pendek saja,?

    BalasHapus